Yayasan Pelita Umat - Proyek Umat Masjid Miftahunnajah Wujudkan Istana di Surga

Masjid 2 lantai dengan luas 800 m2 kapasitas 500 orang, untuk aktivitas para santri dan masyarakat dalam menghafal Al-Quran, sholat berjamaah, dzikir, talim. Saat ini dalam proses finishing.

Proyek Umat Masjid Miftahunnajah Wujudkan Istana di Surga

Lokasi Donasi DI Yogyakarta

Sampai dengan 30 April 2024



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Masjid 2 lantai dengan luas 800 m2 kapasitas 500 orang, untuk aktivitas para santri dan masyarakat dalam menghafal Al-Quran, sholat berjamaah, dzikir, talim. Saat ini dalam proses finishing.

Rincian Program

Video Program

Deskripsi Program

Proyek Umat Masjid Miftahunnajah Wujudkan Istana di Surga

 

“Barang siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu (istana) di surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rosulullah Saw. bersabda: ”Apabila anak Adam itu meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakan” (HR Muslim)

 

Latar Belakang

Masjid Jami’ Miftahunnajah adalah masjid yang berada di lingkungan pesantren Miftahunnajah Yogyakarta sebagai wadah bagi para santri untuk menjadikan masjid sebagai laboratorium agama di pesantren. Berdiri tahun 2019 lalu, masjid di gunakan untuk program pembibitan para penghafal Al Qur’an dan juga ibadah untuk para santri jenjang Aliyah/SMA. Ada sekitar 150 santri dan para asatidz yang saat ini memanfaatkan masjid ini.
Selain itu, masjid juga digunakan untuk masyarakat umum, utamanya penyelenggaraan ibadah sholat wajib dan juga kajian umum.
Bangunan masjid terdiri dari 2 lantai yang bisa menampung total jama’ah sekitar 500 orang. Pemanfaatan Masjid lt. 1 digunakan untuk santri putra/jama’ah putria, dan masjid lt. 2 digunakan untuk santri putri/jama’ah putri.
Saat ini, masjid sudah selesai pengerjaan tahap pembangunan struktur masjid dan sebagian finishing masjid lt. 2 dengan menyerap anggaran senilai 2,7 miliar rupiah dari total kebutuhan sekitar 3,2 miliar rupiah (kondisi foto masjid terlampir).
Meskipun belum selesai, masjid Jami’ Miftahunnajah saat ini sudah digunakan untuk berbagai macam kegiatan ibadah meskipun belum dibangun dindingnya dikarenakan adanya keterbatasan anggaran. Kondisi ini tentu berpengaruh pada kenyamanan dan juga perawatan karena seringnya air masuk dari samping dan juga debu. Oleh karena itu, diharapkan support dan partisipasi para relasi untuk secara bertahap menyempurnakan masjid dengan prioritas pemasangan dinding masjid.

Tujuan

Pembangunan Masjid Jami’ Miftahunnajah yang berada di dusun Wonorejo, Sardonoharjo, Ngaglik Sleman ini dimaksudkan memfasilitasi khususnya para santri dan asatiz untuk beribadah di lingkungan pesantren sehingga tidak harus melakukan sholat berjamaah lima waktu dan juga ibadah lain di masjid tetangg pesantren. Pembangunan Masjid Jami’ Miftahunnajah diharapkan akan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga pesantren dan juga sekitar, serta juga menjadi laboratorium agama bagi para santri untuk memperdalam ilmu agama dan juga mengoptimalkan program menghafal Al Qur’an.

Rencana Anggaran

Rencana anggaran biaya total hingga finishing Rp. 3,3 miliar dan saat ini sudah terkumpul biaya senilai Rp. 2,7 miliar (Desember 2022). Kekurangan biaya hingga selesai yakni sekitar 500 juta rupiah. Rencana anggaran yang didapatkan secara bertahap akan digunakan untuk memprioritaskan membangun dinding masjid agar kenyamanan masjid menjadi optimal. Rincian Rencana anggaran biaya sebagai berikut:

  • Pekerjaan struktur Rp1.324.668.345,-
  • Pekerjaan Arsitektur Rp1.163.625.402,-
  • Pekerjaan MEE Rp294.641.790,-
  • Pekerjaan Lanscape  Rp69.400.000,-
  • Pekerjaan kubah dan menara Rp217.000.000,-

 

Masjid Miftahunnajah Siap Digunakan

Masjid Jami’ Miftahunnajah berada di dalam lokasi Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah 2 Sleman di atas tanah seluas 6.440 m2 yang beralamatkan di dusun Wonorejo (Wonosobo) RT.01/RW.18, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I. Yogyakarta 55581.
Masjid memiliki luas total 575 meter persegi (2 lantai) dengan kapasitas tampung sekitar 500 orang. Masjid Jami’ Miftahunnajah digunakan untuk program pembibitan penghafal al qur’an Ponpes Modern Miftahunnajah jenjang Aliyah dan juga dimanfaatkan untuk kegiatan umum (sosial keagamaan dan dakwah).
Sejak struktur atap dak sekaligus kubah serta alas masjid sudah terbangun (tahun 2021), masjid sudah digunakan untuk kegiatan santri dan asatiz ponpes miftahunnajah karena sudah menjadi kebutuhan. Meskipun belum selesai, masjid dengan ukuran 18 m x 23 m2 ini sudah dimanfaatkan untuk digunakan ibadah sholat 5 waktu, dan ibadah lainya.

Donatur Penerimaan Lain

Donatur Online Fundraising

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program